Kuliner Jogja, Kok ngangenin sih ??!

Minggu, Maret 19, 2017

Selain terkenal akan ragam wisata budaya, kota Jogja juga menyimpan wisata kuliner yang patut banget kita kunjungi. Setiap tempat memiliki ciri khas cita rasa yang bakal bikin kita kangen. Jadi, kamu wajib banget masukin list explore kuliner di itenerary saat berkunjung ke kota jogja.

Nah, aku bakal ceritain semuanya disini, kuliner apa saja yang sudah aku cobain selama berkunjung ke kota Jogja kemarin. 

yuks, simak :) 

Sambel Welut Pak Sabar

Hari pertama di Kota Jogja, gw melipir kearah selatan kota jogja, tepatnya di jalan imogiri, kuliner pertama yang dikunjungi adalah Sambel Welut Pak Sabar. Disini menyediakan aneka makanan yang bahan utamanya adalah belut. Cara memesan menu disini mau pilih yang 1/2 kilo atau 1 kilo. karena waktu itu kita cuma ber4 saja, jadi kita memesan porsi setengah kilo untuk menu "Welut Oseng".

Welut oseng 1/2 porsi Rp. 70.000,-

Rasanya gurih, bumbunya meresap, serta ada perpaduan rasa manis dan pedasnya. hanya saja, karena kami pecinta sambal, kita pun request untuk tambah sambelnya supaya lebih nikmat. xixixi

Alamat : JL. Imogiri Barat, Km. 6, kec, bantul Jogja
Jam buka : 10.00 - 22.00

Lele Mangut Mbah Marto

Ini adalah salah satu rekomendasi dari temenku. Tempatnya itu agak mblusuk ke rumah-rumah warga. Tapi gak perlu khawatir, dengan bantuan google map, kita bisa mengunjungi tempat makan ini.

Jadi mangut lele itu semacam lele bumbu mangut (bumbu khas jawa) yang diasapkan dan diolah secara tradisional. dimasaknya masih menggunakan tungku kayu bakar.
Lele Mangut Mbah Marto Rp. 20.000,- / porsi.
Mangut Lele ditemani Gudek dan Krecek. Ntapp !

Nah, sebenernya aku bukan pemakan lele, asli aku tu geli banget sama yang namanya lele, tapi ini Serius, ini Must try banget !! aku gak ngerasa geli sama lele yang satu ini, mungkin karena udah dibumbui kali ya, jadi bentuk lelenya tersamarkan sama bumbunya itu, terus nih pedesnya dapet banget, bumbunya ngeresep, enak parah dan lebih lengkap apabila disantap bareng gudek dan kreceknya juga. 

Alamat : Sewon, Panggungharjo, Bantul (ada kok di google map)
Jam buka : Setiap hari, 11.00 - 16.00

Kampung Arab

Hmmmm, duh jadi laper nih bahas yang satu ini. xixixi
Jadi, Aku tau kampung arab dari postingan salah satu teman di Instagram dan Path. Gambarnya itu bikin baper. Makanya Kampung Arab jadi destinasi kuliner wajib yang harus dikunjungi.

Menu yang dipesan adalah Seporsi Iga Kambing Bakar, Sop Sumsum, dan Sumsum Bakar. pas liat harganya, yaampunnnn murah bangettt !!



Pas dateng menunya ? yaampunnn ngeceeees bangettt !!

Iga kambing bakar Rp. 55.000,-
Sop sumsum Rp. 20.000,-
Sumsun bakar Rp. 20.000,-

Pas dicobain ? Luar biasa nikmat !!, sama sekali ga berasa tuh yang namanya bau kambing, yang ada makan terus, makan terus, makan terus sampe bersih.

Penasaran? cuss cobain. :)

Alamat :  Jl. Palagan Tentara Pelajar, Jogja
Jam buka : setiap hari, 11.00 - 00.00

Gudek Yu Djum

Ga sah kalo ke Jogja itu gak makan gudek. Nah sebenernya yang ada di list untuk diicip itu adalah Gudek Mercon Bu Tinah, tapi karena waktunya gak pas, aku belum kesampean nih. huhu, semoga next aku ke jogja bisa ceobain Gudek Merconnya Bu Tinah.

Nasi gudek krecek tahu telur Rp. 15.000,-
Jadi Gudek yang aku coba adalah Gudek Yu Djum. Gudek satu ini cabangnya ada dimana-mana, nah yang aku datengin itu yang di jalan wilijan. Pada dasarnya sih aku gak terlalu suka makanan manis. jadi ya so so laah. hehehe, ini menurut aku looh yaah.

Alamat :  Jalan Wijilan, Kraton, Jogja
Jam buka : setiap hari, 06.00 - 22.00

Tempo Del Gelato

Jogja itu kan Panas yaah, nah kalo mau adem, ya kesini.. xixixi

Tempo Del Gelato, Jl. Prawirotaman, Jogja

Tempo Del Gelato adalah Gelato paling happening di Jogja. Sepertinya setiap orang yang berkunjung ke kota Jogja pasti menyempatkan waktu untuk kesini. lokasinya yang strategis di sekitar Jalan Prawirotaman membuat tempat ini mudah banget dicari. kebetulan juga tempat ini dekat dari hotel aku mengenap yaitu di Gallery Prawirotaman hotel. selain itu interior bangunannya udah pasti kekinian banget. cocok buat quality time sama temen-temen.

Gelato rasberry & coconut vanilla Rp. 25.000,-

Banyak varian rasa yang disediakan. kamu bebas pilih mau yang mana. dan Untuk penyajian Gelatonya ada 2 pilihan, bisa di cup atau di cone. Nah kalo aku pilih yang cup dengan 2 pilihan rasa yaitu Rasberry dan Coconut Vanilla. Enak loooh, rasa rasberry yang notabennya asem seger dan coconut vanilla yang manis itu pas banget. 

Duh jadi pengen icip semua rasa nih.

Alamat : Jl. Prawirotaman No.43, Jogja
Jam Buka :Setiap hari, 10.00 - 22.00

Sate Kere Mbah Suwarni

Tau sate kere gak ?
Jadi Sate Kere itu konon katanya adalah satenya orang-orang yang tak mampu membeli daging untuk dijadikan sate. loh jadi apa dong yand dibikin sate ?. yups Lemaknya. dahulu orang-orang miskin mengakali lemak sapi untuk dijadikan sate agar tetap bisa dinikmati oleh mereka yang tak mampu membeli daging.

Tapi itu dulu. Nah sekarang Sate Kere merupakah salah satu kuliner Khas Jawa tengah, termasuk Jogja. mendengar namanya kere bukan berarti harganya murah.

Sate kere Mbah sumarni, Pasar bringharjo Jogja
Nih, aku jelasin. Saat aku mampir di Pasar Beringharjo, terlihat ramai orang mengantri di salah satu penjual pinggir pasar. ternyata mereka mengantri si sate kere ini. bikin aku penasaran, ya aku ikutan mengantri. satu tusuk sate yang isinya hanya lemak sapi dihargai Rp. 2500,-. berhubung aku penasaran ya aku coba untuk beli 6 tusuk seharga Rp. 15.000,-

Biasanya, kalo beli sate, pasti minta yang gak pake lemak, nah ini aku malah beli yang isinya lemak semua. lucu yaaah.
Sate kere alias sate lemak
So far wangi banget bumbunya, rasanya enak, dan bumbu kecapnya meresap. lemaknya juga ga bikin gatel tiang tiang lidah. 

Buat yang penasaran, boleeeh loh dicoba.


Alamat : Terletak dipinggir Pasar Beringharjo
Jam Buka : Dari pagi udah buka kok

Sebenernya masih banyak yang ada di daftar list tapi belum kesampean, seperti ayam goreng mbah cemplung, sate klatak pak pong, sate klatak pak bari, gudek mercon bu tinah dan juga kopi klotok pakem, mungkin Next, kalo ke jogja gw akan explore lagi wisata kuliner yang belum dikunjungi, dan pastinya bakal balik lagi ke tempat-tempat yang gw ceritain diatas. karena beneran ngangenin !!

Nah, semoga apa yang sudah aku bahas disini, bisa menjadi rekomedasi untuk kalian semua yang akan berkunjung ke Jogja.

sampai jumpa di cerita piknik selanjutnya :)

You Might Also Like

0 komentar