JOGJA - SALAH SATU DESTINASI TEPAT UNTUK PIKNIK KELUARGA

Minggu, Maret 19, 2017


Berawal dari percakapan singkat tahun lalu, Aku dan kakakku pengen banget ngajak Ibu piknik. Karena selama ini kita terbiasa sibuk dengan pilihan destinasi piknik masing-masing, Aku yang lebih memilih wisata outdoor dan kakakku lebih memilih wisata ke luar negeri. Sedangkan Ibu hanya bisa menjadi pendengar setia dari setiap cerita piknik yang sudah kita lalui.

Oya, Ibu juga bukan tipikal orang yang suka travelling. Bagi Ibu, di Usianya yang tak terbilang muda, sudah bukan saatnya untuk bersenang-senang menikmati dunia, jadi Ibu lebih suka dirumah, layaknya Ibu-Ibu yang sibuk dengan pekerjaan rumah tangga. Ibu lebih senang capek di dapur ketimbang capek dijalan.

Kamipun sangat mengerti hal ini, tapi disatu sisi kita pengen banget Ibu Bahagia. Quality time bersama Cucu kesayangan menikmati keindahan wisata di kota lain yang belum pernah dikunjungi. 

Susah banget buat bujuk Ibu untuk ikutan piknik, dan dengan penuh pemaksaan dari Aku dan kakakku, akhirnya Ibu mau untuk ikutan Piknik selama 2 hari ke Jogja. yeiyyyy Family Trip ☺☺


JOGJA



Kenapa kita pilih Jogja ? karena Jogja selalu menarik untuk di kunjungi. Terkenal sebagai kota wisata, sehingga fasilitas disana sangat memadai, dari beragamannya tujuan wisata, penginapan, dan sewa transportasi. 

Tentunya piknik kali ini berbeda dengan piknik yang sering Aku lakuin. kenapa ? karena aku pergi bersama Ibu, Kakak, Ipar dan Keponakanku, Jelas harus mengimbangkan selera destinasi dan kenyamanan. Kita menggabungkan apa yang menjadi kesamaan dan mencoba membuat Ibu nyaman dengan piknik kali ini.

SERBA SERBI PIKNIK KELUARGA

Transportasi PP
Biasa naik kereta ekonomi Progo PP, namun demi kenyamanan aku dan kakakku memilih kereta eksekutif Taksaka Malam untuk pergi, sedangkan untuk pulang memilih menggunakan Pesawat agar lebih cepat sampai dirumah.
Selamat Pagi Jogja...
Happiness moment, Sesampainya di Stasiun Tugu, disambut oleh Matahari terbit 

Hotel
Masih mengusung tema kenyamanan, kakakku memilih untuk reservasi hotel di Gallery Prawirotaman Hotel Jogja. kenapa ? Karena lokasinya berada ditengah kota, dekat dengan berbagai destinasi wisata, namun tetap tenang alias gak berisik hiruk pikuk wisatawan.  selain itu Gallery Prawirotaman Hotel Jogja juga sudah banyak di review positif oleh banyak orang yang pernah menginap disana.

Susasana di dalam Prawirotaman Hotel.

Dan benar, untuk harga yang terbilang masih terjangkau kita sudah mendapatkan kenyamanan sesuai dengan yang diharapkan. Bangunan hotel terkesan elegan ala eropa dan terlebih sambutan hangat dari petugas dari awal pertama kali datang, Kamar hotelpun terbilang luas, nyaman dan bersih. selain itu sarapan yang disediakan juga beragam, terlebih ada jamu sebagai salah satu minuman tradisional yang disediakan oleh mereka.

Liat nih, Mamaku narsis banget di Hotel. xixi
( Btw, ini recommended berdasarkan pengalaman ya, serius ini bukan disponsorin, hehe)

Transportasi di Jogja
Pastinya sudah pada tau, kalo di Jogja sudah ada transportasi online seperti di Jakarta. namun nampaknya tidak efektif untuk kita yang mau kesana kemari. jadi kita memilih untuk sewa mobil selama 36 jam dengan biaya sekitar 500rb. Nah ini kakakku yang urus sih. hehe

Itenerary Wisata & Kuliner
Nah, karena aku yang paling sering ke Jogja (meski masih banyak yang belum di explore), jadi untuk destinasi wisata selama 2 hari aku yang bikin plannya. Mengingat kondisi Ibu dan Cucunya yang butuh kenyamanan, aku mencoba merancang perjalanan yang gak menguras banyak tenaga, yang gak terlalu jauh, dan searah. Berdasarkan tanya sana sini dengan teman, baca sana sini dari google, pelajarin peta jogja, taraaaa jadilah itenerary yang aku bikin.

Untuk itenerary aku bahas disini yaah, sedangkan untuk kuliner akan aku tulis di cerita selanjutnya. :)

Itenerary
Jum'at 03 Maret 2017
Sesampainya di kota Jogja di pagi hari, Mobil yang sudah kita sewa sebelumnya sudah standby di Stasiun tugu. dan kita langsung menuju destinasi wisata pagi yaitu Candi Ratu Boko & Candi Prambanan

Candi Ratu Boko
Plataran candi ratu boko, Jogja
Kelelahan Naik tangga, akhirnya Ibu memutuskan untuk duduk-duduk ditaman candi Ratu boko. Sudah mencoba membujuk Ibu bahwa sedikit lagi sampai ke candi, namun ibu kekeh untuk duduk di taman. iya sih, saat itu panas banget, jadi wajar kalo Ibu rada kelelahan, apalagi Ibuku bukanlah orang yang hobi jalan-jalan.
Dari pintu masuk ratu boko, kita akan disambut Gn, Merapi diujung sana.
Ala-ala happy family gituh ceritanya. xixi

Akhirnya hanya aku dan kakakku beserta keluarga kecilnya yang main sampai ke candi. sedangkan Ibu asyik baca berita dari smartphonenya di taman.

Ibuku yang mulai narsis di foto.
Selesai Explore dan foto-foto di Candi ratu boko, kita lanjut ke destinasi kedua yaitu Candi Prambanan.


Candi Prambanan
Candi Prambanan. Jogja
Hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit untuk sampai ke Candi Prambanan, karena jaraknya yang tak terlalu jauh dari Candi Ratu boko. Sesampainya disini kita hanya menghabiskan waktu sebentar saja alias sekedar foto-foto.

karena apa ?? Candi Prambanan tuh luas banget. Jadi Ibuku udah lelah duluan ngeliatnya. hehe

Ibu Say : "kalo di foto Ibu mau, kalo jalan Ibu ogah"
Liat deh, Mamaku Happy banget yah. ❤
Lumayan, buat koleksi instagram, xixixi
















Wefie dulu.. ❤
Alun-Alun Kidul Jogja
Namanya juga liburan keluarga, jadi lokasi yang satu ini wajib untuk dikunjungi. karena alun-alun kidul merupakan ruang publik yang meriah. kenapa ? karena saat malam, alun-alun kidul penuh gemerlap warna warni dari lampu odong-odong yang sudah menjadi ciri khas alun-alun ini. siapa saja bisa memainkan odong-odong ini, dari anak-anak sampai orang tua.
Odong-odong di alun-alun Kidul, Jogja

Tak ketinggalan, kita sekeluarga juga ikutan main odong-odong loooh. untungnya nih, Ibuku mau-mau aja diajakin main odong-odong ya. (lagi nurut banget ngikutin kemauan anak & cucunya. xixixi)

Poto Keluarga dulu, :)
Sewa odong-odong untuk 3 Putaran, tapi kenyataannya baru 1 putaran sudah lelah berkeringat, dan give up di putaran kedua. xixixi (maklum yang ngayuh odong-odongnya cuma 1 orang, yaitu kakak ipar gw, sedangkan Ibu, kakak, aku dan si kecil itu cuma haha hihi aja selama di odong-odong.)

Taman Sari
Taman Sari, Jogja

Kembali mencoba mengenalkan destinasi wisata sejarah kepada keluarga, aku mengajak keluargaku untuk mengunjungi Taman sari. Kebetulan lokasi yang satu ini juga terbilang dekat dengan hotel kita menginap dan masih disekitaran kota Jogja.

Saat masuk kedalam area taman sari, mata langsung disambut keindahan arsitektur bangunan kuno dan halaman air yang cantiknya kebangetan. Nah, setelah berfoto-foto disini, kamipun mencoba mengililingi area taman sari.

keluarga yang hobinya di foto, tapi gak mau cari spot foto. hehe

Setelah jalan kesana kemari, masuk-masuk rumah warga, panas-panasan puter keliling, nyatanya kami kembali ke pintu halaman air ini.bisa dibilang kita gagal dalam membaca peta plataran taman sari. padahal nih. taman sari itu kan luas banget ya, dan ada beberapa spot yang instagramable, tapi sayangnya karena sudah terlanjur lelah duluan jadi kita menyerah.

Karena kita cuma 2 hari 1 malam di jogja, jadi hanya beberapa objek wisata saja yang sempat dikunjungi. Selebihnya kita wisata kuliner dan mengunjungi tempat-tempat belanja oleh-oleh seperti Malioboro, mirota batik, pasar beringharjo dan bakpia pathok 25.

Seneng banget sih, akhirnya kita bisa ajak Ibu piknik. melupakan beban stress sejenak dari aktivitas sehari-hari sebagai Ibu rumah tangga. memanjakan Ibu dengan hiburan permainan serasa nostalgia masa muda. Karena kebahagian Ibu adalah yang utama buat kami. Sehat terus Ibu ❤


Next, baca juga yang ini yah.. ⇩⇩⇩⇩⇩

KULINER JOGJA, KOK NGANGENIN SIH ??!


sampai jumpa di cerita piknik selanjutnya :)

You Might Also Like

0 komentar