Gunung Merapi & Pantai Pok Tunggal 21-25 Agustus 2015

Jumat, September 18, 2015




Belum istirahat dari 2 kali weekend sebelumnya yang digunakan untuk ke Gunung Batu dan Kota Tegal, weekend selanjutnya gw ada trip untuk misi pendakian selanjutnya. sama siapa sen ? Sama siapa lagi kalo bukan sama KERTAS (backpacKER lanTAi Sebelas). Tujuan sebenarnya kita adalah pendakian ke Gunung Merbabu, semua planning dan persiapan sudah 99 % siap untuk mengunjungi gunung cantik yang satu ini. Tapi…. H-1 sebelum perjalanan menuju kesana, kita dapat kabar bahwa Gunung Merbabu mengalami kebakaran hutan. Dan di tutup untuk sementara waktu sampai batas waktu yang belum di tentukan.

Planning dan persiapan yang dibuatpun mendadak berubah, dan hari itu juga kita melakukan voting, mau kemana kah kita ??? Gunung Andong, Gunung Merapi, Gunung Ungaran ?. dan hasil voting suara terbanyak jatuh pada Gunung Merapi.

Sebenernya agak kurang setuju sih gw kalo untuk ke gunung merapi, karena gak kebayang sama trek pendakiannya yang penuh abu dan debu. Yang berbanding sekali dengan gunung merbabu yang penuh dengan warna hijau yang memanjakan mata. Dan saat gw izin ke orang tua pun, sempet ga diizinin dan buat situasi jadi agak sedikit berantakan (kalo kata anak anak DRAMA). Meskipun pada akhirnya gw tetep memaksakan diri untuk ikut berangkat. Alasan gw untuk memaksakan diri sih sebenernya karena gw ajak 2 temen gw, dan gak mungkin juga gw yang ngajak gw yang mundur untuk ga jadi ikut.

Yang berangkat kali ini : Gw @seniisen, @bedoelthofa, @benhardfernando, @anggrianidewi, @waw_guna, @ikaramli, @ichsankamill, @hanifhazbullah, @andi_whe, @intanpermaswariwarnida, @piandwisat dan kakaknya si Isal.

Perjalanan di awali dengan menggunakan KA Menoreh 158 jam 19.45 malam dan akan tiba di kota semarang jam 02.16 Pagi. Sesampainya di kota semarang kita langsung di jemput oleh ELF yang sebelumnya sudah kita sewa. di lanjutkan menuju pos pendakian new selo yang terletak di kota boyolali. Selama perjalanan hanya bisa memandangi merbabu yang sudah mulai menghitam dan tak hijau lagi. :’( sedih rasanya, saat terbayang sabana yang indah di merbabu hanya menjadi sekedar bayangan yang belum rezeki untuk kita kunjungi. Huhuhu.




Sesampainya di basecamp new selo, kita mengurus pendaftaran pendakian dan sarapan dulu sejenak, karena isi perut sebelum memulai pendakian itu penting. Dannnnnn, pendakian dimulai. !! tepat jam 9 pagi kita memulai pendakian.

Selama pendakian tak ada bonus  yang kita jumpai, menanjak, menanjak dan menanjak. Dari basecamp new selo menuju pos selamat datang, treknya masih belum banyak abu dan debu jadi kondisi kita masih lumayan bersih.  Jarak yang ditempuh sekitar 1,5 jam. Kita sampai jam 10.30 pagi di pos selamat datang.


Dan dari pos selamat datang ke pos 1, baru deh yang namanya Abu dan debu yang tebal ga berhenti kita jumpai, ditambah cuaca yang panas dan gersang membuat gw pribadi sedikit kelelahan. Sekitar 1 jam lebih perjalanan kita untuk bisa sampai ke pos 1, yaitu sekitar jam 12.00 siang. Istirahat sejenak, sambil menunaikan ibadah sholat zuhur bagi yang muslim.


Kembali melanjutkan perjalanan dari pos 1 ke pos 2 sekitar jam 14.00 siang, abu dan debu masih kita temui hanya saja tidak setebal dari pos 1 ke pos selamat datang. Tapi banyak bebatuan yang terjal selama pendakian. Disini harus hati-hati banget ya gaes. Karena beneran gak berbonus jalur pendakiannya. Tapi saat menuju pos 2, kita kebanyakan berentinya gaes. Bukan karena lelahnya nanjak, tapi karena mata yang ga berhenti dimanjain sama pemandangan.

"Tips kalo kalian ngejar waktu untuk sampai di puncak, jangan nengok kebelakang. Karena bikin kalian pengen lama lama selfie dan ga berhenti motoin pemandangan yang super kece badai. Seriusan deyh."


Waktu itu cuaca lagi bersahabat banget. Cotton candy alias samudra awannya lagi keren-kerennya, ditambah si cantik merbabu yang menjadi backgroundnya gunung merbabu. Beuuuuh pengen lama lama aja disini. Xixixi. Tapi berhubung hari mulai sore, kita gak boleh lama lama keasikan manjain mata, harus tetep melanjutkan pendakian ke pos 2 untuk bangun tenda disana.



















Sesampainya di pos 2 sekitar jam 17.00, kita memutuskan untuk ngecamp disini dan tidak melanjutkan pendakian ke pasar bubrah.  Yang laki laki memasang tenda, yang perempuan masak. Begitulah pembagian tugasnya. Setelah semuanya selesai, kita makan bersama dan kemudian istirahat.



Pagi harinya, sekitar jam 05.30 kita melanjutkan pendakian ke pasar bubrah untuk mengejar sunrise disana. Tapi gak semua naik sih, karena yang cewe cewenya kelelahan, jadi mereka stay di tenda. Dan Cuma gw cewek seorang yang ikut naik ke pasar bubrah.

Untuk menuju pasar bubrah trek pendakiannya masih dipenuhi bebatuan terjal, jadi harus hati hati ya gaes. Soalnya batunya lumayan tajem. Selama perjalanan mata ini kelewat dimanjain sama pemandangan sunrisenya. Wuiiiiiiiihhhh kece bangeeeeeettt. Indahnya ga bisa diungkapkan sama kata kata. Gak berhenti mengucap syukur karena diberikan cuaca dan pemandangan yang luar biasa subhanallahnya. Dari pasar bubrah akan terlihat gunung gunung yang ada di Jawa Tengah, seperti gunung Sumbing, Sindoro, Prau, Andong, Merbabu dan Lawu. Serasa dikelilingi oleh gunung gunung yang cantiiik banget kalo kita lihat dari gunung merapi.
















Oya, sedikit info aja nih gaes, untuk pendakian kita cuma sampai pasar bubrah aja dan gak summit sampai puncak merapi. Karena memang sudah tidak diperbolehkan untuk sampai puncak. Mengingat sebelumnya pernah ada kejadian korban yang jatuh ke kawah merapi. Dan Sebagai warga negara yang baik, jangan nekat ya gaes, ikuti peraturan yang sudah dibuat. Karena itu untuk keselamatan kita juga. :)

Setalah puas menikmati sunrise, kita kembali turun ke pos 2, dan langsung sarapan yang sebelumnya sudah dimasak oleh para cewe yang stay di tenda. Jam 9 pagi kita packing dan melanjutkan perjalanan untuk kembali turun ke basecamp new selo. Dan selama turun lah yang paling melelahkan. Karena apa ? karena harus ketemu sama abu dan debu lagi. Mana lumayan terjal juga turunnya, jadi sebagian dari kita memutuskan untuk prosotin diri di debu debu itu. dari pada harus jatuh terus terusan kan ? pokoknya debunya itu dahsyat bangett. Xixixi.. paling cepet sampai di base camp new selo jam 12.30, dan yang paling lama nyampe basecamp jam 16.00 sore. Kalo gw sih, yah tengah tengah antara jam segitulah nyampenya.


Sesampainya di basecamp, sebagian memutuskan untuk mandi, karena mungkin udah gak kuat sama debu yang numpuk dibadan, dan gak lupa untuk makan, dan ngecas (ini penting). Dan karena jamnya udah nanggung, sekalian aja nunggu magrib untuk meneruskan perjalanan.

Emang mau kemana lagi sih sen ? kita mo ke pantai cyiiinnn.. yups usai kita ngecamp di gunung, gak lengkap rasanya kalo kita gak nyobain ngecamp di pantai. Dan pantai yang akan kita tuju adalah pantai pok tunggal di daerah gunung kidul Jogjakarta. Sebelum sampai disana kita makan malam dulu di bukit bintang, wuiiihhh cantiknya kota jogja malam hari dilihat dari sini. Xixixi

Udah kenyang, kita lanjut kembali untuk perjalanan menuju ke pantai pok tunggal. Sampai disana sekitar jam 11 malam, dan karena sudah lelah, gw langsung tidur di tenda yang sebelumnya sudah dipasang oleh beberapa teman lainnya. Beberapa yang masih kuat melek memutuskan untuk bakar api unggun sambil menikmati deburan ombak dimalam hari.



Paginya, mandii, foto foto, sarapan, packing lagi, dan cus kita melipir ke malioboro jogja. Ngapain lagi sen ? gak tau lah buang buang waktu aja di jogja, karena kita masih ada kelebihan satu hari sebelum kita pulang.

Perjalanan yang menyenangkan dan tak terlupakan. Terlebih kita semua kompak. Dan gak pernah berhenti dari yang namanya tertawa. Sampai sampai saat di kereta pulang, bukannya kita istirahat, malah kita becanda ketawa dari awal stasiun lempuyangan sampai di stasiun senen. Kebayangkan berapa lama kita tertawa. Hahahahahaha,

Anyway.. Merapi itu cantik. ketakutan diawal sebelum pendakian terkalahkan dengan pembuktian setelah pendakian merapi berhasil dilakukan. hehehee, maaf ya gaes udah sempet bikin enek sama kelakuan gw yang kekeuh gak mau pendakian ke merapi. xixixi sampai jumpa di trip selanjutnya. :)

Emang bakal ada trip lagi sen ? hmmmm, tunggu aja tanggal mainnya :P



You Might Also Like

0 komentar