Curug Ciparay & CAMES (Camping Gemes) Gn. Galunggung - Edisi Tahun Baru 2017

Senin, Januari 09, 2017

Hayooo, kemarin pas malam tahun baruan pada kemana nih ??. xixixi semoga semuanya menikmati keseruan di malam pergantian tahun kemarin yaaa..

Btw, Selamat tahun baru 2017 guys. semoga resolusi yang belum tercapai di tahun 2016 kemarin bisa kita kejar di tahun ini. aaamiiiinnn. Semangaatttt.

Nah, Pas tahun baruan kemarin gw memutuskan untuk main ke Kota Tasik. karena semenjak Camping Gemes Galunggung bulan Oktober lalu, gw jadi SKSD sama temen-temen disana dan menetapkan kalo gw punya kakak-kakak gemes yang siap nemenin main saat berkunjung ke Tasik. xixixi

Sabtu, 31 Desember 2016
Destinasi pertama saat tiba di kota Tasik adalah Curug. saat itu ada 2 alternatif curug yang ditawarin ke gw. 

1. Mau yang deket tapi bisa 3 curug sekaligus, atau 
2. Mau yang jauh tapi cuma 1 curug aja yang di explore

Dan melihat banyaknya pertimbangan waktu, gw pun memilih terserah aja yang penting main ke Curug. Tapi sepertinya kakak-kakak gemes ini paham betul gw mau ke curug yang mana. jadilah kita main ke Curug yang jauuuuh, xixixi.
Curug Ciparay, Kab Tasikmalaya

Yes. Curug Ciparay. berangkat dari jam 7 pagi, dan menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari kota tasik dengan kondisi jalan yang jauh dari kata mulus. tapi perjalanan tersebut terbayar sama keindahan Curug yang satu ini.

Untuk melihat lebih dekat derasnya air terjun ini, kita cukup treking sekitar 10 menit saja ke bawah. Sesampainya dibawah kita akan disuguhkan keindahan curug Ciparay. Oya, disini terdapat 2 curug, yang pertama debit air airnya lebih deras sehingga saat kamu sampai di bawah bakalan langsung basah total kena percikan airnya. Nah kalo yang kedua curugnya lebih tipis dan bisa digunakan untuk bermain di bawah aliran curug ini. karena tidak seberbahaya curug yang pertama.
Puas bermain disini, kitapun melanjutkan perjalanan kembali pulang untuk melakukan persiapan packing ke destinasi yang kedua.  yups Camping Gemes Galunggung edisi malam pergantian Tahun.

Packing ditemani semangkok Mie ayam itu adalah komposisi yang pas. Nah disini gw nemuin mie ayam yang enak banget dan harganya cuma 6.000,-.
Mie ayam ini jadi menu wajib tiap berkunjung ke Tasikmalaya. karena cita rasanya belum ditemui di tempat lain.
Tiba di kawasan Gunung Galunggung, cuaca tidak begitu mendukung, gerimis dan berpotensi hujan deras. Berbeda dengan sebelumnya dimana gw camping di atas Tugu Galunggung, Berhubung lapaknya udah penuh, jadi kami memilih untuk camp di bawah, alias kawah galunggung.

Nah, untuk menuju kawah Galunggung kita harus extra trekking lagi. dan gw pun diajak menikmati sensasi trekking semi mahameru. dimana jalur yang kita lalui adalah hamparan pasir vukanik yang sekali melangkah bisa langsung merosot jauh kedalam. ditambah saat itu hujan deras, makin berasa sensasinya. basah kuyup dan kaki penuh batu krikil. (seru banget pokoknya)

Setelah melalui dramak trekking yang cukup melelahkan. akhirnya kita bergegas pasang tenda. Dan berhubung cuaca masih hujan, gw memilih berdiam diri didalam tenda sampai hujan reda. xixixi

Gak lama hujanpun reda, dan makan malam pun siap. xixixi.. emang paling indah kalo bagian tinggal makannya aja.
Habis makan langsung tidur ??. pastinya enggak dong. karena kita semua menanti jam 00.00. Jam dimana tahun akan berganti. dan betul saja, saat memasuki jam 00.00 satu persatu kembang api mulai diluncurkan. seruuuu ih, Jauh dari kota bukan berarti hening. kita tetep bisa menyaksikan warna warni kembang api. suasana camping dimalam haripun menjadi semakin berwarna. Tsaaaahh

Minggu, 1 Januari 2017
Selamat datang 2017.
Meski tak bisa melihat sunrise dari bawah kawah, tapi Langit pagi saat itu begitu cerah. dan menikmati sisi lain Galunggung dari kawah ternyata lebih menyenangkan. terlebih bersama orang-orang yang baik. bercanda, tertawa, melakukan hal hal yang konyol terkadang membuat kita lupa waktu. berbeda dengan sebelumnya yang masih malu-malu, kalo sekarang kayanya gw malu-maluin. wkwk
Saat puas foto-foto bersama mereka, kita kembali ke tenda untuk menyiapkan sarapan. dan menu sarapannya banyak. xixixi (terimakasih buat teman2 yang setia memasak)
Menu : Capcay, tumis cumi asin, pecel, telur goreng, bakwan, tempe goreng, sosis, cireng, tahu bulat, jelly, kue putu, pisang cokelat keju dan Nanas (banyak kaaaann, xixi)
Pisang cokelat keju andalannya teh ara @aracelly.allaitsy, paling laris sekejap abis. xixi
saat perut sudah mulai kenyang dan hari mulai siang, kita bergegas untuk packing kembali.
Poto keluarga dulu sebelum pulang (with @hammockers.tasikmalaya)
Oya, untungnya ada alternatif jalur lain untuk kembali naik ke tugu galunggung, jadi kita ga perlu melewati pasir vulkanik yang bikin langkah menjadi mundur. xixi

Dan Galunggung pun kesampaian. (Ngecamp di tugu ✔, Ngecamp di kawah ✔, Trekking Pasir vulkanik ✔, mengelilingi galunggung ✔)
Mari melanjutkan destinasi berikutnya sebelum kembali ke Jakarta. apakah itu ?? Memageran di Dadaha. Dadaha adalah Taman kotanya Tasimalaya. disana kita bisa bebas pasang hammock memageran ampe bosen.

Sebelum ke Dadaha, gak ada salahnya kita isi perut dulu.
Nasi bebek goreng, ini menu saat lapar ya, jadi bukan menu wajib saat berkunjung ke Tasik. xixi
Udah kenyang, mari memageran.

Asli beneran mager. saat nyobain boboan di hammock yang sudah digantung rasanya pengen tidur nyenyak, dan gak mau pulang. pasang hammock di taman aja gw udah girang. apalagi pasang di hutan pinus. hmmm seru kali yaaa.. *kode*
liat deh, pada mager kan. xixixi
Sebelum pulang, gw diajakin kulineran lagi. kali ini nyobain TO, alias Tutug Oncom. ini adalah makanan khasnya orang sunda. dan ini enaaaak !!
Nasi tutug oncom ditemani ayam kampung goreng dan tempe mendoan. 
Hari sudah mulai gelap, petanda kita harus pulang kembali ke Ibukota.

Pengalaman kedua ke kota Tasik jauh menyenangkan dibanding cerita sebelumnya. Dimana dengan menggunakan akomodasi Bus, kita jadi lebih santai berlama-lama disini, terlebih sudah mulai kenal dengan kakak-kakak gemes, sehingga saat request mau main kesana kesini, mereka siap nemenin kita full kemana aja saat di kota Tasik. Beneran porsi bahagia, main ke Curug, camping gemes galunggung, trekking pasir, main di kawah galunggung, hammockan, dan kulineran. SENENG !!

Terimakasih semuanya yang terlibat ::

  1. @iwan_setia_one sebagai Suhu yang ngenalin gw ke komunitas @hammockers.tasikmalaya
  2. Kak @aan_maulana, yang mau ngabulin permintaan main ke Curug, dan @namina_atep & @aracelly.allaitsy yang ikut memeriahkan perjalanan dari awal sampai akhir perjumpaan
  3. @iche_isye yang bersedia jadi partner piknik kali ini.  
  4. Dan teman teman @hammockers.tasikmalaya yang tak bisa disebutkan satu persatu. xixi


Terimakasih untuk sambutan mewah untuk kedua kalinya. kalian bisa buat aku betah dan gak pengen pulang. next pasti aku kembali kesini untuk berjumpa kembali dengan kalian yang selalu buat aku kangen. xixixi :*



*****************
Dibalik Piknik yang menyenangkan, ada dramak yang panjang tapi bisa disimpulkan seperti dibawah ini.

  • Ini piknik dadakan, jadi kita gak dapet tiket kereta. dan menggunakan Bis dari Terminal Kampung Rambutan sebagai alternatif transportasi Jakarta-Tasik.
  • Weekend edisi malam tahun baru. terminal jadi penuh orang yang mau mudik.
  • Alhasil kita gak pernah kedapetan Bis
  • Sempet pasrah pengen pulang, tapi gak sengaja saat di terminal, kita kenalan sama mas @risyadnurdin yang kebetulan mau ke Tasik juga. sehingga dia ngajakin share cost sewa taksi online Jakarta - Bandung. dan melanjutkan perjalanan ke Tasik menggunakan elf. oke Sepakat :)
  • Ongkos sewa taksi online 600rb dibagi 3 orang penumpang. gw, isye dan mas Icad.
  • Lanjut Elf dari tol cileunyi dengan tarif Rp. 35.000,- per. orang
  • Tapi pas pulang kita happy ending. karena pas sampai di pool bis budiman, tidak se-riweh di terminal kampung rambutan. sehingga tanpa perlu menunggu lama, kita dapat Bis Budiman yang Super Executive dengan tarif Rp. 85.000,- per orang.
  • Dan menurut gw, Sebenarnya untuk ke tasikmalaya itu lebih nyaman naik Bis daripada kereta. karena harganya gak beda jauh, tapi dengan Bis kita sudah bisa mendapatkan fasilitas se nyaman mungkin, terlebih bisa lebih cepat sampai daripada Kereta. 
  • Oya, Terimakasih juga buat Mas icad @risyadnurdin , mungkin kalo gak ada mas, kita gagal piknik, dan memutuskan untuk pulang kerumah masing2. xixi


sampai jumpa dicerita piknik selanjutnya. :)

You Might Also Like

0 komentar