Malang bersama Ibu dan Bapak 7 - 13 Sept 2016

Sabtu, Oktober 08, 2016

Haloooo, udah lumayan lama juga ya gw gak cerita cerita disini. Xixixi

Kali ini gw pengen ceritain perjalanan gw ke Malang bersama Ibu dan Bapak. Malang adalah kampung halaman dari Bapak. Nah ceritanya sebulan sebelum perjalanan dimulai, Ibu ngomong sama gw minta di temenin ke Malang, katanya kangen dengan keluarga disana. Sekalian dia pengen wisata sejarah dan religi di beberapa Sunan yang akan kita lewatin. Sempet mikir lama sih gw, karena butuh cuti panjang, sedangkan gw lagi irit-irit cuti buat keperluan Trip yang lain, hehehe. Tapi karena buat Ibu, sebisa mungkin gw harus penuhi.

Rabu, 7 September 2016

Kita berangkat rabu malam menggunakan kendaraan pribadi  (loh seriusan pake kendaraan pribadi ? gak cape ? gak kelamaan di jalan?, kenapa gak pake pesawat aja, ato kereta deh ? ) eitz, banyak aja pertanyaannya. Tenanggg, kita sudah memikirkan matang-matang untuk hal ini.
Kenapa kita memilih menggunakan kendaraan pribadi ?. karena kita ingin menikmati setiap perjalanan di beberapa kota yang akan kita singgahi.

Kamis, 8 September 2016

Berangkat Jam 9 malam dari Rumah dan memilih melewati jalur pantura sebagai rute perjalanan kali ini. kita melewati sepanjang Tol Cipali, melewati kota Cilegon, Indramayu, brebes, tegal, pemalang, pekalongan, Kendal, semarang dan kemudian saat menanti adzan subuh kita memilih singgah di Demak. Tepatnya di Masjid Agung Demak.

Masjid Agung Demak adalah masjid tertua di Jawa Tengah, terletak di Pusat kota Demak tepatnya di barat alun - alun Demak. saat ini Masjid Demak banyak digunakan untuk kegiatan peribadatan masyarakat sekitar dan tempat ziarah wali.

Setelah melaksanakan Subuh dan beristirahat sebentar disini, perjalananpun kami lanjutkan kembali. melewati kota Kudus, Pati, Rembang, dan kamipun memilih untuk singgah di Kota Tuban. selain karena pantainya yang membuat kita ingin singgah, di salah satu sepanjang pantai kami melihat rumah makan yang bertuliskan Ikan Bakar. huhuhu bikin perut makin keroncongan kan.

Dengan harga Rp. 190.000,- kamu sudah bisa dapetin Kepiting Asam pedas (terdiri dari 3 kepiting) dan 1 Ikan bakar yang luamaan besar. yang serunya disajikan dengan sambel terasi. nyaaaam, bikin perut makin laper. xixixi
Oke, karena sudah kenyang dan sudah cukup istirahat, mariii lanjuttttt. ! tadinya kita ada rencana mau singgah juga di Makam Sunan Bonang. tapi berhubung cuacanya lagi terik banget dan harus menanjak bukit, akhirnya memutuskan untuk tidak jadi singgah. karena nyokap gw udah nyerah duluan pas liat anak tangga nya dari bawah. xixixi

lanjuttttt !! melewati kota Lamongan dan Gresik. eitss kalo yang ini wajib singgah. karena di kota ini terdapat Makam Sunan Giri. tadinya ni gw ga mau ikutan wisata religi begini. tapi karena sudah terjebak, jadilah gw ikutan juga. yah lumayan nambah pengetahuan juga si. pas pertama sampe agak deg-degan juga, kaya apa ya di dalam. ternyata sepanjang menaiki anak tangga ada banyak kuburan kuno tanpa nama. gw juga kurang paham sejarahnya makam siapa saja yang ada di sekitaran Makam Sunan Giri. Oya, karena saat itu kita belum sholat zhohor dan waktu sudah mau menunjukan sholat ashar, jadilah kita ke Masjid yang terletak di samping makam. selesai Sholat kamipun menuju Makam Sunan Giri. Makamnya bagus dan amat sangat terawat. Ukiran Pahatan Kayu yang mengelilingi makam juga khas banget. sayang disini tidak boleh mengambil gambar.  Dan disini itu selalu rame, selalu saja ada pengunjung dari mana saja untuk berdoa disini. jadi buat gw gak ngerasa takut selama berada di dalam dan gw pun ikut berdoa disini.

Foto dulu di anak tangga Menuju Makam Sunan Giri.
Mari Lanjut lagi menuju Kota Surabaya. tadinya kita cuma mau singgah ke Makam Sunan Ampel saja, tapi berhubung nyokap - bokap gw lelah dan butuh banget kasur, jadilah kita mencari penginapan dekat Makam Sunan Ampel supaya nanti tinggal jalan kaki aja ke dari hotel ke makam. karena di jalan ampel ini susah banget sama yang namanya parkiran. ada hotel bagus tapi parkirannya gak ada. setelah muter berkali kali di sekitaran ampel akhirnya kita nemuin hotel yang ada lahan parkirnya dan harganya relatif murah. kita menginap di Hotel Mesir Surabaya. Setelah mandi, sholat Magrib dan Sholat Isya gw pun lanjut nemenin Ibu dan Bapak untuk ke wisata religi kembali di Makam Sunan Ampel, padahal udah malem ya, tapi seriusan ini tempat rame banget. gak ada sepi sepinya acan. jadi ga ada rasa serem seremnya. Berdoa Sebentar disini, kita langsung cus lagi buat cari makan malam dan kembali ke hotel istirahat.

Suasana keramaian makam Sunan Ampel di Malam hari (Kamis, 8 September 2016)
9 September 2016

"Selamat ulang tahun sayang..." begitu sapaan Ibu saat membangunkan gw tidur. sweet banget pagi itu. hehe, tapi berhubung aktivitas kita dihari ini juga lumayan padat jadilah kita bergegas kembali melanjutkan perjalanan. nah mumpung lagi di surabaya, gak lengkap kalo gak nyobain jembatan Suramadu. xixixi. jadilah kita lets goooo. cukup dengan Rp. 15.000,- saja kalian sudah bisa melewati Tol yang satu ini. dan sesampainya di madura, kita wisata kuliner yang semua orang pasti udah pada tau sama tempat yang hitz disini. yups Bebek Sinjay. pas nyampe ternyata bebeknya habis, jadilah kita muter-muter sekitar bangkalan dulu. dan memutuskan untuk makan di salah salah satu Depo,. cekidot foto dibawah ini. xixixi

Depo anda burneh. menu yang kita pilih adalah Sop Kikil (Rp. 35.000) dan Rawon (Rp. 25.000)
Sudah kenyang makan di Depo, gak lama kita muterin lagi Bebek Sinjay ternyata sudah buka, wakwaww, baru selesai makan looh ini, masih kenyangg banget loooh, eh tapi tapiiii... yauda hajaaaaaarrrr hahahaha

Serius ini ENAK ! mulut gak berhenti makan, padahal baru aja makan.
Udah yuks, udah kenyang banget nih, sampe-sampe dibungkus buat di jalan biar ga kepikiran. xixi. Oya gak lupa juga beli oleh oleh khas madura dan foto-foto di Jembatan Suramadu. supaya gak hoax kalo gw pernah lewatin jembatan ini. hehe

Jeprat sana Jepret sini, kita lanjut perjalanan menuju destinasi selanjut yaitu Ziarah ke Makam Embah di Pasuruan. nah akses dari surabaya ke pasuruan kita menggunakan jalan tol yang baru saja di resmikan yaitu Surabaya, gempol pasuruan. jalan tolnya bagus banget. (xixixi, baru tau kalo lintas pulau jawa udah banyak jalan tolnya).

Nah, kece kan jalan tol nya. pemandangannya langsung di hadapkan Gn. Argopuro.

Setelah ziarah, melipir sebentar ke salah satu pasar untuk membeli ikan asin. tau gak siih, ikan asinnya murah bangetttt, masa 1Kg ikan asin cuma Rp. 20.000,-. dan nyokap nyesel karena cuma beli sekilo. xixixi

Pasar Ikan, Pasuruan
Baru deh kita ke tujuan utama yaitu ke Malang. tepatnya di Desa Tlogosari Nongkojajar. Sebelumnya kita melipir makan Bakso malang favorit bokap. ini enaaaakkk :D

Bakso Malang pertama

Bakso Malang porsi tambahan gw. xixixi yang pertama porsi lengkap mie, kerupuk, dan tahunya lupa gw foto saking lapernya.
Pas sampai di salah satu rumah Pak'de, suasana hangat pun sangat terasa disini. dan seketika rumah jadi ramai dan semuanya pun berkumpul.

kurang lebih mereka semua ngomong gini pake bahasa jawa ::
"Owaaalah, seni sudah besar ya ? dulu masih kecil bangettt.."
"Kamu inget aku gak ? dulu aku sahabat kecil kamu. sebulan kita main disini. sampe pas kamu udah pulang, aku bela-belain jalan jauh ke wartel demi nelfon kamu.."
"Masih inget gak dulu suka banget main di kandang sapi, tapi sekarang sapinya udah gak ada.."
"Dulu tu ya, kamu males banget bu'de suru minum susu sapi seger.. inget gak kamu ?.."
"Kamu hobi banget metikin labu di belakang rumah.."
"Inget gak kamu pernah jatoh dari motor, tuh bekasnya masih ada di mata kamu. kenang kenangan kamu pernah kesini.."

Wahhh masih banyak lagi hal hal yang mereka ingetin apa saja yang pernah terjadi saat gw liburan kelas 3 SD dulu. dan gw agak lupa-lupa inget. karena emang udah lamaaa bangeeeet.

Tapiiii, yang gw sadari setelahh 19 tahun kemudian, banyak yang berubah dari desa ini. kalo dulu banyak sapi perah, dan setiap pagi para penduduk selalu membawa hasil perahan susu sapinya ke agen, sekerang sudah enggak. semuanya beralih menjadi petani kembang. hanya beberapa penduduk saja yang masih bertahan mengurusi ternak sapi perahnya. kalo dulu disini itu dingiiiin banget sampe minyak goreng itu beku, sekarang bagi gw dinginnya udah gak terlalu. itu aja si yang gw inget dan gw rasa perubahannya. selebihnya gw lupa. xixixi

*Mari istirhat, karena esok akan aktivitas lain menanti.*

Selamat pagi, ketemu di hari Sabtu. kita akan melanjutkan perjalanan ke Bromo karena kebetulan letaknya gak jauh dari Desa nongkojajar. (gak ke bromonya sik, cuma ngiterin pegunungan di sekitaran bromo aja, soalnya nyokap gw gak minat. yah namanya orang tua. xixixi). sepanjang jalan dihiasi pemandangan yang bikin kita heri alias heboh sendiri. kaya yang dibawah ini nih..

Kaya Bukit Teletabbies ya. cakepp !
Masih mikir, gimana caranya pak tani nanem tumbuhannya di dataran yang menanjak kaya gini. xixixi
Ini bukan foto ala ala ya, emang beneran candid. xixixi
Nah kalo yang ini udah pasti fotonya ala ala. hahaha
Sudah puas nikmatin suasana perkebunan dingin yang gw suka bangettttt, kita lanjut kembali turun ke kota malang untuk cari oleh oleh dan mampir ke rumah salah satu rumah Pak'le gw yang tinggal di kota Malang. nah mumpung lagi di kota malang, gw mau mencicipi Ice Cream yang masih berdiri dari jaman belanda, namanya Toko Oen. lokasinya di dekat alun alun kota malang. toko ini lebih tua 2 tahun dari Ice Cream Ragusa yang terletak di Jl. Veteran Jakarta. menu yang gw pesen adalah Tropicana Ice Cream, alasan milih ini sih karena bentuknya lucu. xixixi ternyata rasanya biasaaak, jujur gw lebih suka Ice Cream Ragusa. hehe

Tropicana Ice Cream Rp. 40.000,-
Setelah kulineran disini kita lanjut ke kota Batu, tapi karena ternyata ini weekend, jadilah arah batu itu macet banget. belum sampai ke tujuan wisatanya nyokap udah laper dan memutuskan untuk makan di lesehan. nah disini nih menu nya gw suka banget, enakkkk dan muraaah. sayangnya saking lapar, gw langsung gragas makan sampe lupa gw harus foto dulu buat dokumentasi disini. gw juga lupa nama tempatnya apa. tapi pokoknya ini te o pe be be ge te.

Udah lumayan lelah, karena schedule yang padat di kota malang, mari kita pulang ke desa tlogosari untuk istirahat.

Ketemu di hari Minggu, enggak ada aktivitas penting lagi, jadi kita melipir ke beberapa rumah Bu'de dan Pak'le di sekitaran Desa Tlogosari. banyak hal yang menarik perhatian untuk bisa gw jepret disini. cekidott..

Senin, 12 September 2016

Foto bersama salah satu keluarga di Malang.

Tibalah hari terakhir kita di Kota Malang. Selamat Idul Adha, selesai sholat Ied, sarapan, salam-salam dan berfoto ria, kita langsung siap siap untuk perjalanan pulang. kali ini perjalanan pulang bokap memutuskan untuk menggunakan jalur selatan, karena mau mampir ke Britar dan Jogja.

saat diperjalanan, kita menyempatkan diri untuk kulineran sebentar.

Makanan ini adalah khas dari kota Pasuruann dan biasa disebut Kupang Kraton. nah yang dinamakan Kupang adalah salah satu jenis binatang laut yang menyerupai kerang kecil. kalo aku sih rada aneh pas di mulut. mungkin karena gak biasa kali ya. xixixi
Sambil nemenin bokap ngabisin Kerang Keraton, gw sama Ibu memilih untuk memesan menu es campur durian. setidaknya menu ini gak se aneh kupang keraton. hehehe

ini seger banget, enaaaak. isinya ada campuran nangka, alpukat, kelapa, melon, jelly dan tentu saja durian. PAS !

Selesai kulineran, kita langsung menuju kota pertama yang akan kita singgahi. yaitu Blitar. Ternyata aku sama Ibu mau diajak ke Makam Bung Karno, Bapak Presiden Indonesia yang pertama. lokasinya terletak di pusat Kota Blitar. dan lagi-lagi sama seperti makam-makam lainnya dimana lokasi ini ramai dikunjungi wisatawan. baik yang ingin ziarah atau sekedar wisata sejarah.

Selesai ziarah, kita melanjutkan kembali perjalanan ke Kota Jogja. melewati beberapa kota seperti Tulungagung, Kediri, Kertosono, Nganjuk, Madiun, Sragen, Solo, dan Klaten. tadinya ada mau mampir Kuliner Tahu Kediri, cuma karena hari itu adalah Idul Adha, jadi semua setra kuliner pada tutup (huhu, belum rejeki). Nah saat diperjalanan si Ibu iseng menghubungi tante gw yang domisilinya di Bekasi, ternyata pas banget tante gw di hari yang sama lagi liburan juga ke Jogja (rumah Mertuanya) nah jadi lah kita memutuskan untuk singgah dan menginap di rumah Mertuanya tante gw. lokasinya tepat belakang Candi Prambanan.

Senin, 12 September 2016

keesokan harinya, gw jogging jogging gemes di sekitaran bekalang Candi Prambanan, dikarenakan udaranya masih seger banget. dan gak lupa foto foto gemes.

Hasil keisengan foto-foto gemes gw. xixixi
Sekitar jam setengah 8 pagi kita bergegas kembali melanjutkan perjalanan pulang. melewati beberapa kota di jawa tengah dan jawa barat dengan lintasan perbukitan yang lumayan panjang, karena memang saat itu bokap memilih untuk melewati jalur selatan.  akhirnya kami tiba sampai di rumah jam 2 pagi dini hari. (dalam hati kok cepetan pergi daripada pulang). sesampainya dirumah langsung istirahat, paginya mandi dan langsung kembali ke rutinitas sehari hari yaitu kerja. seteronggg banget kan. istirahat kurang udah kerja lagi aja. hahahaha

oya dari semua cerita gw tentang perjalanan ke Malang kali ini Gw baru tau kalo ::

Ibu sengaja ngajak ke Malang pas di tanggal kelahiran aku cuma buat kasih hadiah "Nyenengin anaknya yang suka nge'trip ala backpacker, sekaligus wisata religi khusus mendoakan gw supaya dimudahkan Rezeki, Karier dan Jodohnya".

Pantes aja kok Ibu mau naik kendaraan pribadi berhari-hari lama di jalan, padahal gw tau banget dia ga betah lama-lama di jalan apalagi duduk di mobil terus. katanya dia agak kasian ngeliat gw yang udah mulai nurut untuk berhenti ngetrip ala backpacker. dan memilih menggunakan kendaraan pribadi karena Ibu dan Bapak ingin ada moment khusus dimana mereka mendoakan masa depan gw. :') . semoga semua doa dan harapan Ibu dan Bapak segera di kabulkan. karena akupun mendoakan hal yang sama. dan Doa tersebut akan menjadikan caraku untuk bisa membahagiakan kalian.

Terimakasih, terutama untuk Ibuku Sayang :*
Sampai Jumpa di cerita selanjutnya. :))