Explore Karimun Jawa 15 - 19 April 2016

Senin, April 25, 2016

Berawal dari kerinduan akan surganya dunia bawah laut, tahun lalu gw mencoba start dari Pulau Harapan disusul oleh Pahawang dan terakhir Januari kemarin kebetulan dapet free trip ke Bali. Hal ini buat gw makin tertarik untuk trip cebur ceburan di laut (bukan berarti beralih dari mountenering ya). Entah kenapa gw ngerasa ada sensasi tersendiri ketika main di laut. Yups, salah satunya adalah bisa melihat begitu kayanya kehidupan di bawah laut bumi pertiwi. Xixi cieelaaahh 😝

Karimun Jawa.! ini adalah pilihan destinasi gw selanjutnya. Dan seperti biasa tripnya di sponsori oleh KERTAS (backpacKER lanTAi Sebelas), juga diselingi dengan teman teman baru.

Karena gw yang paling mupeng ke Karimun Jawa, alhasil gw yg jadi penggeraknya alias koordinator abal-abal untuk urus trip ini. Tadinya jumlah total peserta yang berhasil gw kumpulin adalah 16 orang, tapi karena gugur 2. Jadilah 14 orang berangkatt !!!
Jum'at 15 April 2016
Kita kumpul di Stasiun Pasar Senen. Berangkat menuju Stasiun Semarang Tawang Menggunakan KA Menoreh (19:45 - 02:16)

Awalan :: selama di kereta beberapa yang baru kenal masih kaku karena belum ada bahan obrolan

Sabtu 16 April 2016

Setibanya di St. Semarang Tawang, kita sudah langsung di Jemput oleh Elf yang sebelumnya kita sewa untuk perjalanan menuju Pelabuhan Kartini, Jepara. Jarak yang di tempuh sekitar 2 jam.

Sampai di Pelabuhan Kartini sekitar jam 05.00 pagi. Tak lupa Sholat subuh, sarapan, foto foto, dan bobo bobo cantik sambil nunggu jam 10.00 pagi (lumayan kan nunggunya 😂).

Kok lama nunggunya?? Iya, soalnya untuk penyebrangan ke Karimun Jawa kita memilih menggunakan Kapal Cepat Express Bahari, dengan jarak tempuh penyebrangan sekitar 2 jam dan kapal berangkat sekitar jam 10 pagi.

"Buat kalian yang mau nyebrang jam 7 pagi, kalian bisa menggunakan KMP Singinjai dengan jarak tempuh 4-5 jam. Harga tiket kapalnya jauh lebih murah dari Kapal Express Bahari namun jarak tempuh penyebrangannya lumayan lama."

Suasana di dalam kapal Express Bahari
Sesampainya di Pelabuhan Karimun Jawa kita langsung menuju Homestay, makan siang dan ganti baju untuk lanjut snorkeling di Pulau Menjangan Kecil dan menanti sunset di Pantai Tanjung Gelam. Seruuuuuuuuu !!!!

Usai matahari terbenam, kita pun kembali pulang ke homestay. Malam harinya sebagian dari kita memilih untuk menikmati malam minggu dengan pergi ke alun alun Karimun Jawa sekedar untuk mencicipi aneka makanan laut atau mungkin belanja pernak pernik cantik (Kalo gw sih milih tidur, xixixi cape banget).

Minggu, 17 April 2016

Setelah sarapan, kita bersemangat kembali untuk cebur-ceburan. Spot pertama adalah Pulau Menjangan Besar. Dimana ini adalah tempat penangkaran Hiu (salah satu tempat yang buat Karimun Jawa terkenal).

Saat mau nyebur di kolam Hiu, hmmm, amis banget aroma kolemnya, tapi rela deh biar bisa foto, hehehe. Trus yang ada di pikiran gw; anggep aja Ikan lele besar yang Jinak. Hal ini buat gw jadi BERANI, meski sempet di senggol juga sama si Hiu nakal gara-gara tangan di kepek-kepek di dalem air. Sesuatuu banget untung ga di gigit 😂.

Behind the scene : harus dipancing dengan ikan segar dulu untuk membuat Hiu berkumpul.
ekspresi kaget saat disenggol hiu 😅😂

Oya, selain penangkaran Hiu, di Pulau ini juga terdapat berbagai jenis Bintang Laut, Ikan Buntel, dan Ikan Pari.

Sudah selesai bermain disini, kita melanjutkan perjalanan menuju spot kedua di Pulau Kecil. Saat perjalanan cuaca kurang begitu mendukung, langit mendung, hujan deras, dan arus laut tinggi. Jakpot ? Udah pasti 😂 .

Tapi pas sampai di pulau kecil alhamdulillah ujan berenti, meski arus laut masih kurang begitu kondusif kita semua teteb antusias untuk snorkeling. Kenapa ? Ikan nya banyakk banget bree 😍. gw aja ampe berani lepas pelampung dan berkali kali foto nyelem di dalem air.

Setelah puas snorkeling, kita foto foto sebentar di pulau ini, dan kemudian kita isi perut, alias makan siang. Nah diantara segenap hidangan makan yang disajikan dari kemarin, disini ini nih, yang paling the best rasanya. Enaknya kebangetann, saus kecap ikan bakarnya manteb bangetlah pokoknya, sampe nambah 😅 (maap ga kepikiran foto makanannya, karena laper xixi).

Selesai dari sini kita akan lanjut ke spot ketiga, yaitu Pulau Gosong. Pulau ini adalah pasir pantai yang timbul di tengah-tengah air laut. Sayangnya selama perjalanan cuaca kembali tidak mendukung, sehingga pulau gosong tersebut tertutup arus laut yang tinggi. Jadilah kita meneruskan perjalanan untuk kembali pulang ke homestay.

*Makan malam di alun alun, bercanda, tertawa, ceritain hal hal konyol dan istirahat*

Senin, 18 April 2016
Tibalah hari terakhir kita bermain disini, sebelum pulang kita mampir ke bukit Love. Lokasi ini juga menjadi sesuatu hal yang identik dengan Karimun Jawa. Jaraknya pun tidak jauh dari homestay.

Setelah capek foto-foto kita kembali ke homestay, packing dan mari pulanggg.

Saat pulang kita kembali menggunakan Kapal Express Bahari dengan jadwal penyebrangan jam 12.00 siang dan akan sampai ke Pelabuhan kartini jam 15.00 sore.

Setibanya di pelabuhan Kartini, elf yang sama sudah menunggu kita untuk mengantarkan kita ke Bandara dan Stasiun Semarang.

Mampir makan siang sebentar di Pelabuhan Kartini, kemudian kita melanjutkan perjalanan menuju Bandara dan Stasiun. Tak lupa di pertengahan perjalanan kita juga menyempatkan diri untuk melipir ke tempat oleh-oleh (barangkali stock recehannya masih banyak jadi masih kepengen beli ini itu buat keluarga dan kerabat, xixi).

Sebagian memilih pulang menggunakan Pesawat Batik Air, dan sebagian pulang menggunakan KA Brantas dari Stasiun Semarang tawang (termasuk gw).

Akhiran :: Selama di kereta kita adalah kelompok yang paling berisik. Ga berenti ketawa ngobrolin hal-hal konyol, terlebih punya temen yang konyol konyol juga. Seruuu lah pokoknya. Bikin ga bisa move on.

Emang ya "perjalanan yang tak terlupakan adalah ketika diisi oleh orang orang yang konyol"